Berita

BPN Sultra Goes To Campus di Kolaka 

Ekspospedia- Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan BPN goes to campus di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Kamis (27/7/2023).

Kepala BPN Sultra Asep Heri mengatakan, goes to campus bertujuan memperkenalkan program pertanahan kepada mahasiswa di kampus. Peran BPN juga dibahas dalam kegiatan ini.

“BPN memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada masyarakat dengan cara menyertifikatkan tanah masyarakat, salah satunya melalui Program Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” kata Asep di hadapan Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan, Bupati Kolaka H.Ahmad Safei, Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Indawan Kuswadi, dan mahasiswa yang hadir dalam kegiatan itu.

Menurutnya program PTSL 2024 di Sulawesi Tenggara berjumlah 200 ribu hektare. Dengan luasan wilayah itu, dibutuhkan koordinasi, kolaborasi dan akselerasi semua pihak, utamanya dunia kampus. “Dengan program PTSL, pemerintah berharap agar seluruh tanah di Indonesia bisa bersertifikat . Begitupun di Kabupaten Kolaka,” katanya.

Goes To Campus di USN Kolaka mengangkat tema Ciptakan Ruang Kolaborasi dalam Memberantas Sengketa Lahan Pertanian. Asep menambahkan dengan tersertifikatnya tanah maka ke depan tidak ada lagi sengketa. “Olehnya itu, semua pihak harus mendukung kegiatan ini, harapan kita semua tanah di Indonesia tersertifikat,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei memaparkan bahwa di Kolaka ada 140 ribu bidang tanah dan saat ini baru sekitar 70 ribu yang sudah bersertifikat dan masih ada sekitar 70 ribu bidang belum bersertifikat.

“Olehnya itu, untuk mengejar supaya bidang tanah itu bisa tersertifikat maka pada 2023 ini kita menganggarkan pengurusan sertifikat sekitar 2.000 kepada masyarakat,” kata Safei

Bupati Kolaka dua periode itu juga meminta kepada Kepala BPN Sultra untuk memberikan kuota PTSL ke Kabupaten Kolaka dalam jumlah banyak agar masyarakat terbantu.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi menyukseskan program goes to campus BPN

“Program PTSL ini membutuhkan waktu enam bulan, semoga dengan panjangnya waktu tersebut USN Kolaka bersama BPN bisa berkolaborasi untuk menyukseskan program ini,” kata Rektor USN. (***)

Wartawan: Dadang



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button