Berita

Tiga Puskesmas di Kolaka Jadi BLUD

Ekspospedia- Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan mengumumkan ada tiga pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dengan status BLUD, ketiga puskesmas ini akan mengelola secara mandiri layanan dan pengelolaan keuangan.

“Ketiga puskesmas yang diusulkan BLUD telah mendapatkan akreditasi dan memiliki kemampuan dalam pengelolaan layanan dan keuangan, dan saat ini surat keputusan sudah keluar,” ujar Kadis Kesehatan Kolaka Drs.Harun Masirri, Senin (9/1/2023).

Menurutnya ketiga puskesmas yang berubah status menjadi BLUD yakni Puskesmas Pomalaa, Puskesmas Wolo dan Puskesmas Kolaka. Ketiga Puskesmas ini telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional. Di Kolaka, terdapat 14 Puskesmas dan baru tiga yang berubah status menjadi BLUD.

“Alhamdulillah, di Kolaka telah memiliki puskesmas yang menjadi BLUD, pada 2023 ini sudah mulai diterapkan,” tutur Harun.

Meski menempuh proses yang panjang sejak 2020, perjuangan Dinas Kesehatan dengan bimbingan Bupati Kolaka Ahmad Safei, Puskesmas tersebut berhasil menjadi BLUD.

“Arah akhirnya adalah semua puskesmas di Kolaka bisa menjadi BLUD, agar mereka bisa mengelola perencanaan dan keuangan sendiri,” tambahnya. (***)

Wartawan: Dadang.



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button