Berita

Pekarangan Pangan Lestari Solusi Ketahanan Pangan Keluarga di Kolaka 

Ekspospedia- Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kolaka tergolong sukses. Dari puluhan kelompok P2L, hampir semuanya berhasil.

Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muh Azikin, mengaku pihaknya telah mengembangkan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Program ini kami kembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Kami mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman,” ujarnya.

Program P2L dimulai sejak 2019 seiring dengan Kabupaten Kolaka masuk sebagai kategori stunting hingga saat ini. Dan kini, sudah ada 24 kelompok terbentuk.

“Kelompok binaan APBD dan APBN sebanyak 20 kelompok dan tahun ini meningkat menjadi 24 kelompok P2L melalui dana APBD dan DAKNF sebanyak 4 kelompok,” katanya.

Pihaknya pun sudah melakukan panen raya program ketahanan pangan kegiatan P2L di salah satu Kelompok Wanita Tani Anggrek Desa Landoula Kecamatan Iwoimendaa. Panen bersama itu diikuti Camat Iwoimendaa, Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan bersama dengan anggota kelompok wanita anggrek dan staf dinas dan masyarakat sekitar. Adapun

jenis sayur yang dipanen yakni sayur pare, gambas, tomat, timun, bayam, bawang prei, bawang merah, kangkung, selada, sawi.

“Lahan kelompok wanita ini berada di lahan pekarangan rumah seluas 30×30 meter persegi. Alhamdulillah kelompok ini kita dampingi terus sejak tahun 2019 dan sampai sekarang masih eksis,” tuturnya. (***)

Wartawan: Dadang.

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button