Berita

Bangun Kebun Raya, Pemkab Kolaka Gandeng BRIN

Ekspospedia- Pembangunan Kebun Raya Kolaka terus berlanjut. Setelah merampungkan kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka akan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengatakan kerja sama dengan lembaga itu untuk mempercepat pembangunan kebun raya. “Langkah ini merupakan mekanisme yang dianjurkan oleh pemerintah (pusat),” tuturnya.

Safei menjelaskan, Presiden RI Joko Widodo sudah pernah menyampaikan bahwa daerah yang ingin membangun kebun raya, maka pendanaannya sudah tersedia di Kementerian PUPR. Tetapi, semua perencanaan pembangunan itu harus dibuat dari LIPI karena merupakan instansi teknis. Dan Pemkab Kolaka sendiri sudah lakukan ini.

“Problemnya saat ini, Kolaka harus didorong dari pihak pihak lainnya. Kenapa demikian? Karena ada 530 kabupaten kota di Indonesia ingin membuat kebun raya. Dan pemerintah pusat hanya menyediakan anggaran 30 sampai 40 kabupaten per tahunnya. Semoga Kolaka tidak terlalu lama mewujudkan pembangunan kebun raya ini,” tutupnya. (***)

Wartawan: Dadang.

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button