Berita

PT Antam dan PWI Kolaka Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai

Ekspospedia – PT Antam Tbk UBPN Kolaka bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kolaka melakukan aksi bersih sampah di pesisir pantai depan Rumah Adat Kolaka, Jumat (25/8/2023).

Aksi bersih sampah ini dihadiri langsung Bussines Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro KA, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kolaka, Abdi Arif, External Relation Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Bambang Tri Ariwibowo, Ketua PWI Kolaka, Abdul Saban, serta sejumlah insan pers Kolaka.

Ketua PWI Kolaka, Abdul Saban mengapresiasi PT Antam Tbk UBPN Kolaka dan Pemda Kolaka yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Kata dia, aksi bersih sampah ini berawal dari keresahan PWI Kolaka melihat banyaknya sampah berserakan. Dari keresahan itulah, PWI Kolaka menggandeng PT Antam Tbk UBPN Kolaka untuk ikut membantu Pemda Kolaka dalam mengatasi persolan sampah di Bumi Mekongga.

“Ini merupakan langkah awal. Tentunya PWI Kolaka akan bersama-sama mengawal Pemda Kolaka mengatasi persoalan sampah ini,” tandasnya.

Kepala DLHK Kolaka Abdi Arif mengapresiasi PWI Kolaka dan PT Antam Tbk UBPN Kolaka yang terlibat dalam mendukung kebersihan Kota Kolaka.

Diakuinya, DLHK Kolaka tak akan mampu mengatasi persoalan sampah di Bumi Mekongga apabila tak ada kesadaran dari masyarakat.

Karena itu, ia berharap kepada insan pers agar membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan sampah.

“Sebanyak apapun saya punya pasukan untuk membersihkan, kalau tidak ada kesadaran dari kita masing-masing individu, Kolaka tidak akan bersih. Karena selama kita ini masih bangun, selama kita masih bernafas, selama itu pula kita menghasilkan sampah,” katanya.

Dikatakan, saat ini pemerintah pusat maupun daerah akan menghilangkan tempat pembuangan sampah, kemudian akan menggantinya dengan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R).

“Sekarang ini saya lagi bangun TPS 3R. Ada dua TPS 3R yang dibangun, salah satunya ada di samping sungai Kali Merah. Di dalamnya nanti itu ada mesin pemilah otomatis dan ada mesin pembakaran sampah,” pungkasnya. (***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button