BeritaEkspos Info

BKPSDM Kolaka Lakukan Pemetaan Kompetensi Ratusan PNS

Ekspospedia – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Kolaka kembali menggelar pemetaan kompetensi terhadap 660 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka , Senin (11/9/2023))

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj. Sekda Kolaka Muhammad Bakri dan dihadiri Kepala BKPSDM Hj. Andi Wahidah serta para peserta .

Berdasarkan amanat UU 5 Tahun 2014 tentang ASN, pengelolaan kepegawaian dijalankan dengan prinsip sistem merit. Ada tiga karakteristik dasar yang ada dalam sistem merit, yaitu kualifikasi, kinerja dan kompetensi, sehingga diperlukan penyusunan profil kompetensi untuk seluruh ASN .

Kepala BKPSDM Kabupaten Kolaka, Andi Wahidah menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memperoleh data profil potensi dan kompetensi PNS serta data dasar pengelolaan dan pengembangan karier sumber daya aparatur yang profesional .

Sementara itu, Pj. Sekda Kolaka Muhammad Bakri menyampaikan mengingat tugas ASN sangat strategis maka penempatan dan pengangkatan ASN seyogyanya sesuai dengan prinsip the right man on the right place, yaitu orang yang tepat pada tempatya dan menduduki jabatan sesuai kemampuannya melalui sebuah mekanisme penilaian kompetensi yang objektif .

“Hal ini tentu bertujuan untuk menjaring pegawai yang memiliki integritas, kompetensi, dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama, serta kepentingan seluruh elemen bangsa .” ujarnya

Untuk dapat menghasilkan para pejabat yang diinginkan tersebut maka diperlukan sebuah instrumen yang dapat mengukur dan mengetahui kompetensi dari masing-masing ASN sehingga didapatkan para pejabat yang berkompeten . (***)



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button