Berita

BPN Kolaka Gandeng Mahasiswa USN Lakukan Pendataan Sertipikat Tanah

Ekspospedia-Kepala Kanwil BPN Sultra, Asep Heri mengaku akan menggandeng USN sebagai mitra dalam melakukan pendataan Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di lapangan.

Hal ini disampaikan Heri saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka, Jumat (23/2/2024)

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama di Indonesia yang sampelnya adalah di Sulawesi Tenggara khususnya Kabupaten Kolaka. Ini adalah implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dalam rangka mewujudkan Indonesia lengkap,” tuturnya.

Ia berharap seluruh bidang tanah terukur, dan terpetakan mulai dari Kabupaten Kolaka.

“Khusus Sultra, kami sangat bangga dengan Kolaka yang semua bisa berkolaborasi antara akademisi, semua stakeholder,” tambahnya.

BPN Sultra menginginkan para pengusaha terus mendukung kegiatan ini dengan CSR nya dalam rangka percepatan PTSL di Kolaka.

“Kegiatan ini telah dilakukan pembukaan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka. Kemungkinan pekan depan akan dilaksanakan bimbingan teknis untuk mahasiswa yang akan menjadi mitra kerja BPN,” ujarnya.

Nantinya, kata dia, ada 182 orang mahasiswa terbagi dalam tiga kelompok yang akan turun di lapangan yakni Gema Patas, Gema Pudadis dan peningkatan kualitas lainnya.

Saat ini, katanya, sekitar 30 ribu bidang tanah di Kolaka belum bersertipikat dan membutuhkan anggaran. Meskipun APBD dan APBN telah digelontorkan untuk mempercepat proses pendataan, namun itu masih kurang. “Sehingga kita menggandeng beberapa perusahaan, seperti PT Vale, PT.Ceria, PT.Antam, PT. IPIP untuk ikut berkontribusi dalam rangka percepatan pendataan sertipikat tanah ini. Harapan kita Kolaka menjadi kabupaten terlengkap di Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kolaka yang diwakili Plt. Badan Penelitian dan Pengembangan Hasbir Jaya Razak mengaku bangga dengan BPN dan USN Kolaka yang membantu Pemerintah Kabupaten Kolaka untuk melakukan pendataan bidang tanah

“Kalau ini bisa terwujud, pastinya akan menambah pendapatan Kabupaten Kolaka melalui sektor PBB. Kami juga berharap pemerintah provinsi bisa memberikan banyak program untuk Kabupaten Kolaka,” tuturnya.

Di tempat yang sama, perwakilan PT. Vale Misdar mengaku siap kolaborasi dengan BPN Kolaka untuk membantu proses pendataan tanah.

“Memang ini yang biasa menjadi masalah besar di lapangan, utamanya masalah batas desa. Kita pasti mendukung kegiatan ini,” paparnya. (***)

Wartawan: Dadang.

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button