Berita

Pj. Bupati Kolaka Hadiri Rapat Kordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kendari

Ekspospedia – Sekda Provinsi. Sultra yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Laode Fasikin, S.Pi.,M.Si membuka Rakor Pengelolaan lingkungan hidup Tahun 2024 di Claro Kendari . Senin, (04/03/2024)

Pada tahun ini, rapat koordinasi lingkungan hidup mengangkat tema “peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan dan pengelolaan sampah berbasis ekonomi sirkuler” .

Laode Faisikin menjelaskan bahwa pemilihan tema tersebut sebagai bagian dari penanganan tantangan tiga krisis lingkungan hidup global yaitu perubahan iklim, polusi & pencemaran, serta percepatan kehilangan biodiversitas. salah satu bentuk penanganannya dengan mengoptimalkan informasi lingkungan hidup daerah yang terpadu dan berkelanjutan, serta pelibatan seluruh pemangku kepentingan .

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, yaitu bagian dari tugas dan kewenangan pemerintah provinsi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah mengkoordinasikan dan melaksanakan pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, serta melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kebijakan tingkat kabupaten/kota .

“Kita bersyukur di beberapa daerah terdapat bank sampah yang dikelola oleh masyarakat, selanjutnya adalah diperlukan campur tangan pemerintah sehingga usaha sadar masyarakat tersebut tetap berlanjut dan nilai ekonominya terpenuhi .” ujarnya(***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button