Berita

Pj Bupati Kolaka Ajak Semua Pihak Komitmen Turunkan Angka Stunting

Ekspospedia – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Andi Makkawaru bersama stakeholder menandatangani komitmen bersama dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka di Ball Room Hotel Sutan Raja Kolaka, Rabu (19/6/2024).

Andi Makkawaru menjelaskan, memasuki tahun ke-5, Kabupaten Kolaka menjadi salah satu kabupaten prioritas penanganan stunting dari 514 kabupaten/kota. Banyak hal yang sudah dilakukan baik berupa aksi konvergensi melalui program/kegiatan lintas sektor dan lintas program serta penguatan pelaporan dan juga penilaian kinerja .

“Pemerintah pusat telah mencanangkan target optimis prevalensi stunting sebesar 14 persen . Kondisi saat ini berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023 capaian prevalensi stunting nasional masih 21,5 persen, provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 30 persen sedangkan Kabupaten Kolaka sebesar 23,8 persen, jika disandingkan dengan prevalensi stunting tahun 2022, terjadi peningkatan sebesar 1,2 persen, namun masih berada pada posisi terendah di Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Dengan melihat kondisi capaian prevalensi stunting yang masih cukup tinggi, ia mengajak semua komponen untuk lebih berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting melalui kerja nyata, kerja cerdas, kerja tuntas dengan membangun sinergi, kolaborasi dan akselerasi bersama masyarakat, swasta, organisasi non pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi serta lembaga donor .

“Kepada pemerintah kecamatan saya mengimbau para camat, agar memfasilitasi dan mengkoordinir desa dan kelurahan serta memastikan bahwa kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting terlaksana dengan maksimal. Kepada para kepala desa dan lurah, petugas kesehatan, kader stunting untuk melakukan penelusuran untuk mencari bayi dan balita yang berpotensi stunting untuk ditangani bersama,” tegasnya.(***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button