Berita

PWI-USN Kolaka Gagas Kerja Sama Peningkatan SDM Insan Pers

Ekspospedia – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kolaka bersama Universitas Sembilanbelas November (USN) menggagas kerja sama penguatan sumber daya manusia (SDM) wartawan Kolaka, mahasiswa dan tenaga dosen di lingkup kampus merah maron tersebut.

Ketua PWI Kabupaten Kolaka, Abdul Saban mengatakan, sebagai organisasi profesi, PWI memiliki kewajiban meningkatkan kapasitas wartawan serta kehadirannya mampu dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Salah satu langkah prioritas yang akan dilakukan PWI dengan USN Kolaka ke depan adalah membangun sinergi dalam pelibatan insan akademik dalam merespons dinamika pembangunan daerah melalui penerbitan opini yang terpublikasi di media masa,” jelas Abdul Saban saat menggelar kunjungan silaturahmi dengan Rektor USN Kolaka, Kamis (9/3/2023).

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kapasitas insan pers di Kolaka, PWI Kolaka juga akan berpartisipasi dalam pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik yang ada di USN Kolaka.

Langkah ini dinilai dapat memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter kewartawanan bagi mahasiswa yang akan menjadi penerus keberlanjutan dunia pers di daerah ini.

Dalam kesempatan tersebut, PWI Kolaka dan USN bersepakat membuat program literasi media bagi mahasiswa serta turut berpartisipasi dalam pemberian kuliah praktisi kewartawanan bagi mahasiswa jurusan jurnalistik di kampus tersebut.

Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan menyambut baik program yang diusulkan PWI Kolaka. Menurutnya sinergi program pengembangan sumber daya manusia antara PWI dan USN Kolaka bisa dilaksanakan apalagi saat ini USN Kolaka belum pernah melalukan kerja sama dengan organisasi pers.

“Kami menyambut baik program PWI Kolaka, terutama kerja sama publikasi karya tulis ilmiah para dosen, literasi media kepada adik-adik mahasiswa serta program pembinaan organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus. Ini merupakan langkah yang visioner dan tepat yang kami kira akan menjadi solusi yang konkret ke depan bagi PWI dan USN,” pungkasnya.(**)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button