Pemerintahan

Sidak ke Pasar, Pemkab Temukan Kenaikan Harga Beras

Ekspospedia- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Kolaka melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Raya Mekongga Kolaka dan distributor bahan pokok, Rabu (15/3/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memantau harga barang menjelang Ramadan 2023.

Plh Sekretaris Daerah Kolaka, Wardi mengatakan menjelang Ramadan 2023, stok bahan pokok berupa terigu, gula, mentega, minyak kelapa relatif aman.

“Selain itu, harga barang menjelang Ramadan relatif stabil sehingga tidak mempengaruhi inflasi atau daya beli masyarakat. Ada dua jenis yang mengalami kenaikan yaitu beras yang awalnya hanya Rp 9.000 per liter saat ini di pasar mencapai Rp 10.000 hingga 12.000 per liter. Kemudian telur ayam ras yang awalnya hanya Rp 50.000 per rak, saat ini mencapai Rp 65.000 per rak,” tutur Wardi.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kolaka, Mustajab mengatakan sidak yang dilakukan hari ini untuk memastikan ketersediaan stok bahan pokok jelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri 2023 aman.

Mustajab mengingatkan kepada para pedagang tidak menaikkan harga sepihak. Sebab dalam Instruksi Presiden dan Mendagri, inflasi daerah jangan sampai melebihi ambang batas.

“Bila pedagang bermain harga dan kedapatan (menaikkan harga) menjelang Ramadan 2023, maka TPID akan mengambil tindakan,” katanya.

Dalam kegiatan sidak, hadir juga Anggota DPRD Kolaka Akhdan, Kejaksaan Negeri Kolaka, kepolisian, dan seluruh SKPD terkait.

Anggota DPRD Kolaka, Akhdan, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kolaka.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa melihat stok barang di Kolaka, dan alhamdulillah untuk sembako masih aman dan banyak stok. Harganya pun masih aman,” katanya. (**)

Wartawan : Dadang.

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button