Pemerintahan

Sjamsul Kadar Dorong Kelompok Wanita Tani Manfaatkan Lahan Pekarangan

Ekspospedia – Sebanyak 28 Kelompok Wanita Tani (KWT) dari 12 kecamatan se- Kabupaten Kolaka menghadiri sosialisasi pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Selasa (15/3/2023).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Muh. Azikin itu dihadiri Kepala Bappeda Kolaka Sjamsul Kadar.

Sjamsul Kadar mengatakan, sosialisasi program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat pedesaan agar ditanami sayuran yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat seperti cabai, tomat, terung, sawi, dan kacang panjang.

“Kita harapkan kelompok yang mendapatkan program ini bisa menularkan pada masyarakat lainnya. Sehingga ke depan tidak ada lagi masyarakat yang mengharapkan sayuran dari para penjual,” tutur pria yang akrab disapa Om Kadar ini. .

Ia mengatakan kemandirian di bidang pangan akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kolaka. Dengan menanam sayur sendiri, sudah pasti perawatannya akan mengesampingkan bahan kimia.

“Sehingga sayur yang dikonsumsi keluarga terjamin kesehatannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muh. Azikin mengatakan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama.

“Kelompok akan mengusahakan lahan pekarangan atau lahan kosong yang tidak produktif untuk dimanfaatkan sebagai tempat bertanam sehingga program ini dapat secara berkelanjutan menyediakan sumber pangan bagi masyarakat sekaligus menjadikan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan anggota kelompok masyarakat,” tuturnya.

Azikin berharap program P2L ini dapat terus berkembang untuk mewujudkan kemandirian masyarakat di bidang pangan

“Untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada bapak Bupati Kolaka dan Kepala Bappeda Kolaka yang terus mendukung program ini,” tutupnya. (***)

Wartawan:Dadang.

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button