Berita

Mahasiswa Universitas Mandala Waluya Kendari Akan Bentuk UKK

Oleh : HAERUN

MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER UNIVERSITAS MANDALA WALUYA KENDARI 

Pos Unit Kesehatan Kerja (UKK) merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat pekerja yang ada di Kolaka.

Mengapa diperlukan Pos UKK, karena Saat ini semakin meningkatnya jumlah pekerja dan sebagian besar belum semuanya mendapatkan pelayanan kesehatan kerja yang memadai dari semua pihak, baik dari perusahaan maupun pelayanan lainya.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa masyarakat pekerja banyak mengalami penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja yang dapat menurunkan produktivitas kerja. (tidak terlaporkan)

Pos UKK diperlukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pengobatan sederhana bagi masyarakat pekerja yang berisiko terpajan oleh pekerjaan dan lingkungan kerjanya sehingga mereka mampu menolong dirinya sendiri

Dimana Dapat Dibentuk Pas UKK ?

Pos UKK dapat dibentuk di lokasi kelompok pekerja dengan jumlah pekerja minimal 10 s/d paling banyak 50 pekerja dan diutamakan dari jenis pekerjaan yang sama. Contoh: di kelompok pertanian, nelayan, perkebunan, kaki lima, pasar tradisional, kawasan dan sentra industri, , transportasi, industri rumah tangga.(***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button