BeritaEkspos Info

Disbunak Kolaka Lakukan Vaksin Rabies Pada Hewan 

Ekspospedia- Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Kolaka mendapat jatah target 500 vaksin rabies untuk tahun 2023.

Pemberian vaksin pada hewan peliharan telah dilakukan sejak awal tahun 2023 hingga saat ini, dengan menyasar berbagai wilayah di Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka, Tutur Kabid Peternakan Kolaka Drh. Kasmawati, Kamis (14/8/2023).

Menurut Kasmawati, vaksinasi rabies merupakan program rutin dalam mencegah penyakit rabies pada hewan yang ada di Kolaka.

“Hingga Agustus ini petugas telah menyuntikkan sebanyak 300 dosis,” terangnya.

“Dari 12 kecamatan yang ada di Kolaka, Kecamatan Kolaka adalah wilayah yang rawan akan rabies, karena banyak anjing liar yang berasal dari gunung,” katanya.

Untuk pemberian vaksinasi, dilakukan oleh petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di masing-masing kecamatan yang ada di 12 kecamatan yang ada di Kolaka.

“Biasanya kami door to door, tapi dengan dipusatkan pada satu titik dapat memudahkan pelayanan dalam pemberian vaksinnya,” beber Kasmawati.

Dijelaksan, rabies merupakan penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan kepada manusia.

“Kita lakukan vaksinasi pada kucing dan anjing yang banyak dipelihara masyarakat, rabies juga bisa menular dari kera,” ungkapnya.

Kasmawati menambahkan, vaksinasi rabies rutin dilakukan Disbunak Kolaka setiap tahunnya.

Wartawan: Dadang.



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button