BeritaEkspos Info

Bahaya, Penderita HIV-AIDS di Kolaka Mencapai 105 Orang

Ekspospedia – Kasus HIV-AIDS di Kabupaten Kolaka secara kumulatif dari tahun 2018 hingga akhir 2023 ini mencapai 105 orang. Dari total kasus tersebut, mayoritas penderitanya adalah perempuan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kolaka, dr. Muh. Aris mengatakan, dari 105 orang itu, 23 orang di antaranya ditemukan positif HIV-AIDS pada 2023 ini.

105 orang penderita itu, katanya didominasi oleh ibu hamil atau ibu rumah tangga yang tidak pernah kemana-mana. Kuat dugaan, mereka terpapar penyakit mematikan tersebut dari pasangannya yang kerap bekerja di luar rumah.

Menurut data Dinkes Kolaka, kasus HIV-AIDS paling banyak ditemukan di Kecamatan Kolaka, Pomalaa, Wundulako dan Kecamatan Samaturu.

Ia menjelaskan hal ini sangat berbahaya bagi semua, apalagi menghadapi penerimaan karyawan skala besar pada perusahaan – perusahaan yang ada di Kolaka.

“Ke depan kita akan merancang aturan yang mengatur untuk pemeriksaan HIV, jadi semua orang yang mengurus surat keterangan sehat, tak hanya diperiksa bebas narkoba tetapi juga harus menjalani pemeriksaan HIV,”terangnya. (**)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button