DaerahEditor's PickEkonomi

PT Vale Indonesia Kirim Tim Tanggap Darurat Bantu Korban Gempa Cianjur

Ekspospedia – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mengirimkan tim Emergency Response Group (ERG) untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tim tanggap darurat ini terdiri dari lima orang rescuer, seorang dokter, dan dua orang tenaga medis. Mereka diberangkatkan sejak Rabu (23/11/2022) berikut dengan peralatan lengkap penanganan bencana.

Di lokasi tim tergabung dalam misi kemanusiaan bersama tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Basarnas. Sekaligus pembagian tugas dan koordinasi di lapangan seperti pencarian, penanganan, dan pemulihan korban gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu.

Supervisor Fire & Rescue HSSR PT Vale Indonesia, Samsuddin mengatakan, tim ERG kini tengah berfokus melakukan pencarian dan penyelamatan korban di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Sedangkan penyaluran bantuan logistik seperti sembako, terpal, peralatan mandi, perlengkapan bayi, obat-obatan dan alat penerangan akan menyusul akhir pekan ini.

Samsuddin menerangkan, ambulans PT Vale juga dibawa serta untuk kebutuhan evakuasi serta beberapa peralatan penunjang di antaranya Medical Bag Complete, Tenda, First Aid Kit, Thermal Imaging Camera, Gas Detector, Satelite GPS, Extrikasi Battery, dan Scope Stretcher. Pendataan terbaru sudah ada 36 korban yang berhasil ditangani per 24 November.

“Kebanyakan pasien yang kami tangani itu diare, luka infeksi, ispa, dan gangguan kulit. Pengobatan dilakukan secara mobile oleh tim. Untuk bantuan logistik akan segera dibawa. Masyarakat maupun keluarga besar PT Vale bisa menyalurkannya, silakan berkoordinasi dengan tim ERG yang ada di Sorowako,” ujarnya.

Dia merincikan, perlengkapan mendesak yang dibutuhkan yakni terpal, makanan, minuman, bantal, selimut, peralatan mandi, beras, minyak goreng, gula, kopi, lampu, popok bayi, dan obat-obatan seperti antibiotik injeksi, Tt Toxoid, cairan infus, alkohol swab, anti nyeri injeksi, dan novalgin injeksi. “Kami juga memberikan trauma healing di tenda-tenda pengungsian,” kata Samsudin.

PT Vale secara berkelanjutan mendukung upaya penyelamatan dan proses evakuasi bencana alam yang terjadi di tanah air. Di antaranya gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat pada Januari 2021 lalu dan banjir di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada 2019, banjir bandang di Masamba, Luwu Utara yang terjadi pada Juli 2020 lalu, dan gempa disusul tsunami di Palu dan Donggala pada 2018.

“Mewakili Manajemen dan seluruh karyawan PT Vale Indonesia, kami menyampaikan turut belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.. Kami juga mendoakan agar selalu diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini,” ungkap Samsuddin. (rls)

































Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button