Berita

Pemkab Kolut Kembali Raih Adipura 

Ekspospedia – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) kembali menyabet penghargaan Adipura untuk ke-6 kalinya.

Penghargaan Adipura yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai bentuk apresiasi bagi kota atau kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Penghargaan Adipura itu diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi SE mengapresiasi raihan ini.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak dan atas kesadaran masyarakat khususnya Kota Lasusua dalam menjaga lingkungan yang bersih, penghargaan Adipura kembali diraih,” kata Parinringi, usai menerima penghargaan, Senin (28/2/2023).

Menurut Parinringi, sejak dilantik dan ditugaskan pada Agustus 2022, dirinya telah meluncurkan program Selasa Bersih dan Jumat Sehat, yang rutin dilaksanakan.

“Sempat vakum 2-3 tahun disebabkan adanya Covid-19, amun alhamdulillah pada 2022 ini kembali meraih penghargaan Adipura, tentunya ini tidak lepas dari Bupati Kolut sebelumnya,” ujarnya.

Parinringi mengungkapkan selaku pejabat bupati, pihaknya memiliki dinamika yang berbeda namun pada prinsipnya semua sama, yakni bagaimana Kolaka Utara harus bisa mempertahankan adipura yang telah diraih selama ini.

“Selasa Bersih ini cukup membantu OPD terkait khusus Dinas Lingkungan Hidup, dalam mengatasi dan mengantisipasi dalam rangkaian penilaian adipura itu sendiri,” tutur Parinringi.

Selasa bersih, kata dia, melibatkan semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah dan kepala desa untuk mengintervensi wilayahnya masing-masing minimal 1-2 jam melakukan pembersihan.

“Dengan segala program yang telah dibuat Pemda, mari kita semua masyarakat Kolut untuk membantu setiap program yang telah dicanangkan,” jelas Parinringi.

Parinringi berharap capaian penghargaan Adipura ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan agak ke depan Kolaka Utara dapat meraih Adipura Kencana seperti daerah lain di Indonesia. (**)

Wartawan:Afdal



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button