Berita

HPSN Jadi Momentum Bagi PT Vale Komitmen Zero Waste to Landfill pada 2025

Ekspospedia- Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 menjadi momentum bagi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyatakan komitmen untuk nol limbah ke tempat pembuangan atau zero waste to landfill pada 2025, atau lebih cepat lima tahun dari target pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Director Environment & Permit Management Muh. Adli Lubis,Puncak peringatan HPSN 2023 di Sorowako berlangsung di Nursery PT Vale, pada Sabtu (25/02/2023).

Menurut Muh Adli, komitmen tersebut menjadi bukti nyata bagi PT Vale untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitar, hal tersebut juga sejalan dengan nilai-nilai perusahaan menghargai bumi dan masyarakat.

“Perseroan berkomitmen untuk nol limbah ke tempat pembuangan, untuk mewujudkan hal tersebut sejumlah program dilaksanakan dengan melibatkan stakeholder terkait,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk mengugah keterlibatan masyarakat, seperti kampanye cinta lingkungan dan dukungan untuk program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), melalui penanaman 100 bibit pohon di Pantai Lamapu, Minggu (26/02/23). Dalam penanaman bibit pohon tembeua, dengen, dan salam, PT Vale berkolaborasi bersama Pemerintah Desa, KSDA Resort Matano, Karang Taruna Towuti, UIN Makassar, PKM, dan forum pemuda di desa setempat.

PT Vale juga mengajak keterlibatan karyawan dan kontraktor dalam program “Tukar ki’ Plastik Ta’” yang mendapat antusiasme sangat tinggi. Warga mengantre untuk menukar sampah plastic selama hari program ini digelar, yakni Senin hingga Selasa (27-28/02/2023). Berikutnya, PT Vale melanjutkan kampanye 3R (reduce, reuse, dan recycle) sampah melalui kompetisi video yang akan berlangsung hingga 25 Maret 2023 mendatang.

Sebelumnya, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 telah melakukan berbagai kampanye dan program di tiga provinsi, yakni Sulawesi Selatan, Tengah, dan Tenggara.

Rangkaian HPSN 2023 berlangsung mulai 21 Februari 2023. Di Sorowako, HPSN digelar selama sepekan penuh dengan menggaet para pemangku kepentingan. Pada Senin dan Selasa (21-22/02/2023), PT Vale menggelar kampanye daur ulang sampah, yakni pelatihan pembuatan kompos untuk ibu-ibu Ikatan Keluarga Vale Indonesia (IKVI), dan pelatihan kreasi daur ulang sampah untuk siswa sekolah.

Kemudian, Kamis (24/02/2023), PT Vale menandatangani MoU ‘Stop Kantong Plastik’. Kesepakatan ini diteken bersama Bupati Luwu Timur Budiman, serta perwakilan Koperasi PT Vale, Indomaret, dan Alfamidi Cabang Sorowako. Penandatanganan berlangsung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Morina, Kecamatan Nuha, Luwu Timur.

Para pihak juga menandatangani MoU dengan BPJS Tenaga Kerja, pekerja rentan Pemdes, dan Serikat Pekerja Bersatu Vale Indonesia (SPBVI). Kesepakatan disusul dengan penyerahan kartu BPJS-TK kepada para pejuang sampah. Acara dirangkaikan juga dengan penyerahan tabungan pendidikan, kerja sama Ikatan Kontraktor Nasional PT Vale dengan Kecamatan Nuha dan Bank Mandiri.

Bupati Lutim Budiman menyampaikan, “Kesepakatan ini merupakan upaya menjaga lingkungan di Luwu Timur. Kalau masif kita lakukan, mudah-mudahan akan menjadi kebaikan bagi lingkungan.” Sementara, Chief Operating Officer (COO) PT Vale Abu Ashar menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terwujudnya kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut.

Puncak peringatan HPSN 2023 di Sorowako berlangsung di Nursery PT Vale, pada Sabtu (25/02/2023). Serangkaian kegiatan dilakukan seperti, peluncuran ATM sampah, talkshow, hingga pembagian doorprize.(***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button