Berita

PT IPIP Harap Dukungan Pemkab Kolaka soal Izin Kawasan Ekonomi Khusus 

Ekspospedia- PT Indonesia Pomalaa Industrial Park (IPIP) melakukan pemaparan di ruang pertemuan Bupati Kolaka, Senin (10/7/2023). Pemaparan yang dihadiri pimpinan tertinggi IPIP itu bertujuan agar Bupati Kolaka bisa mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Manager Eksternal PT IPIP, Saefuddin Muslimin mengatakan, KEK adalah kawasan yang disiapkan agar investor bisa masuk dengan beberapa kemudahan seperti pengurusan pajak, perizinan serta kemudahan mendapatkan lahan dan lainnya.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Kolaka mendukung pembentukan KEK di PT IPIP. Ini dibuktikan dengan penandatanganan berita acara dengan SKPD teknisnya. “Selanjutnya adalah pertemuan dengan SKPD teknis dan rencana pertemuan itu akan dipercepat,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengaku sangat mendukung pengajuan KEK PT IPIP. Jika izin KEK sudah ada, maka akan banyak masuk investor di sana.

“Saya hanya mengingatkan kepada teman teman untuk terus mengawasi sehingga pelaksanaan IPIP di Kolaka sesuai dengan konsep awalnya. Jangan ada yang melenceng, harus sesuai dengan kesepakatan saat awal IPIP masuk di Kolaka,” kata Safei.

Menurutnya luasan KEK PT IPIP sesuai dengan luasan kawasan industrinya. Jika KEK ada di IPIP, maka banyak proyek dari APBN yang datang di Kolaka, utamanya mengenai akses masuk IPIP.

“Nanti pengerjaan jalannya bisa menggunakan APBN. Mudah mudahan bisa cepat terealisasi KEK di IPIP ini,” kata Safei.

Ditanya mengenai progres pembangunan kawasan industri IPIP di Kolaka, Safei menjelaskan untuk saat ini IPIP hanya fokus pada ganti ruginya lahan. Untuk kawasan industri membutuhkan 11 ribu hektare dan saat ini sudah ada tiga ribu atau empat ribu hektare yang sudah diselesaikan.

“Termasuk kawasan hutan yang sementara diurus oleh IPIP itu masuh berjalan, namun kesiapan sudah ada. Untuk konstruksi saat ini belum ada kegiatan. Baru pada pembangunan basecamp dan alat alat sudah masuk di sana,” ungkapnya.

Bupati Kolaka dua periode ini memperkirakan sebelum membangun pabrik dan lainnya, IPIP Kolaka akan mengurus pembangunan pelabuhan dan listrik. “Pelabuhannya kemungkinan di sekitar Desa Lamedai dan mereka sudah kerja sama dengan PT Gasing dan Pernik. Untuk kesiapan masyarakat Kolaka akan datangnya industri insyaallah siap,” tambahnya. (**)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button