EkonomiEkspos Info

Kolaka Dapat Bantuan Gedung dan Alat Pengolahan Cokelat

Ekspospedia- Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI menyalurkan bantuan pembangunan gedung dan alat pengolahan cokelat  kepada Kabupaten Kolaka. Pembangunan gedung yang menelan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar tersebut akan rampung pada Desember 2021.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka, Hasbir Jaya Razak saat dikonfirmasi mengatakan  pembangunan bantuan gedung  itu berada di Kampung Cokelat  Kelurahan Lalombaa  Kecamatan Kolaka dan di Kelurahan Ranomentaa Kecamatan Toari.

“Bangunan tersebut adalah usulan Pemerintah Kabupaten Kolaka. Dengan bimbingan dan arahan bapak Bupati Kolaka, alhamdulillah Kolaka sangat  beruntung  karena mendapatkan bantuan tersebut,” tutur Hasbir.

Hasbir menjelaskan anggaran pembangunan gedung di dua lokasi tersebut masing-masing Rp 900 juta dan alat pengolahan Rp 600 juta. Alat pengolahan itu, katanya, hanya disiapkan di Kampung Cokelat saja.

“Untuk alat pengolahan yang ada di Kecamatan Toari tidak ada karena ada rasionalisasi anggaran dari pusat. Tetapi kita dijanji pada 2022 alat itu akan di anggarkan kembali,” tambah Hasbir.

Menurutnya alat pengolahan di Kampung Cokelat adalah pengolahan biji kakao yang akan diubah menjadi pasta cokelat atau cokelat bubuk.

“Jadi nanti kita akan ubah kakao menjadi cokelat siap konsumsi. Insyaallah pada akhir Desember ini sudah bisa difungsikan alat tersebut,” kata Hasbir. (***)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button