EkonomiEkspos Info

19 Desa di Kolaka Belum Cairkan ADD 

Ekspospedia-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolaka mengakui masih ada 19 desa di Kolaka, belum melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD)

Hal tersebut diungkapkan Kepala DPMD Kolaka Agus yang didampingi oleh Kepala Bidang Desa, Genardi, belum lama ini.

Belum cairnya ADD di  19 desa itu karena  mereka belum melaporkan pertanggungjawaban penggunaan ADD pada triwulan terakhir 2021 lalu.

“Dari 100 desa di Kolaka, baru 81 desa yang sudah mencairkan ADD-nya. Adapun 19 desa lainnya belum mempertanggungjawabkan anggaranya sehingga mereka belum bisa mencairkan ADD,” ujar Agus.

Menurutnya,  total anggaran ADD di Kolaka pada 2022 ini sebesar Rp 66.723.146.400, yang dibagi ke 100 desa.

“ADD ini bersumber dari APBD Kabupaten Kolaka. Dan untuk pencairannya itu langsung masuk ke rekening desa. Harusnya ADD cair setiap triwulan, namun kenyataannya sudah masuk triwulan kedua ini masih ada desa yang belum mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran pada 2021,” tuturnya.

Menurutnya proses pencairan ADD sebenarnya mudah karena setelah semua syarat dipenuhi maka berkas akan dimasukkan ke  Inspektorat Kolaka untuk diperiksa apakah ada temuan atau pelanggaran atau tidak. Setalah lolos di Inspektorat maka berkas akan dimasukkan ke Badan Keuangan Dan Aset Daerah. Setelah itu desa tinggal menunggu pencairan.

“Kalau untuk pencairan itu kita tidak mengetahui karena dana langsung masuk ke kas desa,” katanya. (***)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button