Ekspos Info

PD Aisyiyah Kolaka Siap Berkontribusi untuk Penurunan Stunting dan Perkawinan Anak

Ekspospedia – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Kolaka resmi melaksanakan program inklusi setelah melakukan kegiatan kick off pada Sabtu (1/10/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Bappeda Kolaka ini dihadiri Koordinator Program Inklusi Pimpinan Pusat Aisyiyah, Tri Hastuti Nur Rochimah, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Tenggara, dan undangan lainnya.

Program inklusi ‘Aisyiyah merupakan program kerja sama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia di mana ‘Aisyiyah sebagai mitra programnya. Mengambil tema “Kepemimpinan Perempuan untuk Peningkatan Akses Kesehatan dan Ekonomi bagi Perempuan Dhuafa Musta’h’afin dengan Pendekatan Inklusif dan Hak Perempuan,” program ini merupakan salah satu upaya kontribusi ‘Aisyiyah pada tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) dan juga diharapkan dapat berkontribusi pada capaian pembangunan daerah.

Koordinator Program Inklusi Pimpinan Pusat Aisyiyah, Tri Hastuti berharap melalui program inklusi ini dapat menguatkan sinergi multipihak bagi capaian pembangunan daerah. “Melalui program Inklusi ini ‘Aisyiyah berharap dapat semakin menguatkan sinergi multipihak termasuk dengan pemerintah daerah hingga pemerintah desa, juga tokoh masyarakat, dan organisasi masyarakat lainnya untuk dapat berkontribusi bagi capaian pembangunan daerah,” ulasnya.

Program inklusi ‘Aisyiyah memiliki lima isu utama program yakni upaya penurunan stunting, pencegahan perkawinan anak, pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), peningkatan partisipasi perempuan, dan pemberdayaan ekonomi. Tri menyebutkan bahwa Program Inklusi ‘Aisyiyah juga melakukan prinsip GEDSI (Gender Equality Disability Social Inclusion) yang memastikan tidak ada satupun elemen masyarakat yang tertinggal dalam pembangunan. “Akan lebih banyak masyarakat marjinal berpartisipasi dan mendapat manfaat dari keputusan tentang pembangunan sosial budaya, ekonomi, dan politik Indonesia,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kolaka Ahmad Safei menyambut baik akan dilaksanakannya program Inklusi ‘Aisyiyah ini. Ia menyatakan Pemerintah Kabupaten Kolaka memberikan apresiasi kepada PDA Kolaka karena mendapatkan program Inklusi Aisyiyah , yang mana program tersebut sejalan dengan visi-misi dan sembilan program prioritas bupati.

Hj. Andi Tenri Gau, SE,MM dari PDA Kabupaten Kolaka menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka yang telah mendukung seluruh program Aisyiyah terkhusus program Inklusi Aisyiyah.

Setelah dilaksanakannya kegiatan kickoff ini, Program Inklusi ‘Aisyiyah Kabupaten Kolaka melakukan pelatihan bagi para kader yang kelak akan mengawal keberlangsungan program di tingkat komunitas.

Terdapat 50 orang kader yang mengikuti pelatihan berasal dari enam desa dampingan yakni Desa Ulaweng, Desa Konaweha, Desa Ulu Baula, Desa Puulemo, Desa Tikonu dan Desa Sabiano.

Program Inklusi ini nantinya akan bekerja di tingkat komunitas yang ada di desa. Oleh karena itu perlu di awali dengan peningkatan pemahaman bagi para kader.

Para kader merupakan perempuan yang akan menjadi agen penggerak pembangunan di tingkat komunitas dan tingkat desa.

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button