EkonomiEkspos Info

Gelar Pasar Lelang Komoditas Agro, Dinas Perindag Kolaka Target Nilai Transaksi Rp 1 Miliar

Ekspospedia- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kabupaten Kolaka menggelar lelang komoditas agro di Kabupaten Kolaka, Kamis (25/10/2022).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Kolaka, Achiruddin mengatakan pasar lelang komoditi agro merupakan program Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Perindag Kolaka.

“Kegiatan pasar lelang komoditi agro merupakan media interaksi sektor agro agar bisa memanfaatkan teknologi informasi berbasis web. Jadi kita pertemukan para pengusaha dengan para pembeli dan kegiatan ini diikuti oleh sekitar 21 item,” katanya.

Dia menjelaskan pada 2019 lalu, pasar lelang bisa mencapai Rp 692 juta. Jumlah itu merupakan total transaksi antara penjual dari Kolaka dan pembeli dari beberapa daerah di Indonesia. Pada 2022 ini, pihaknya berharap total transaksi bisa mencapai Rp 1 miliar.

“Pemerintah Kabupaten Kolaka berharap para pedagang bisa mempertahankan produknya agar harga bisa terus membaik,” tuturnya.

Melalui program pasar lelang, pihaknya berharap bisa mengintegrasikan pola kerja sama yang baik antara petani, pedagang dan konsumen, sehingga akan mendapatkan kepastian tentang gambaran kualitas produknya.

“Nantinya pedagang dan konsumen akan membuat kesepakatan harga, dan pastinya akan menghasilkan harga yang terbaik. Produk yang dilelang yaitu, cokelat, cengkeh, lada, minyak atsiri, dan masih banyak lagi,” tutur Achiruddin. (***)

Wartawan : Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button