Ekspos Info

Pesona Wisata Air Panas dan Sumur Ajaib  Keakea Kolaka

Ekspospedia- Kabupaten Kolaka tidak hanya memiliki kekayaan tambang, tetapi juga mempunyai sejumlah lokasi wisata yang mempesona. Salah satunya Taman Wisata Alam Keakea. Lokasi permandian ini menjadi primadona bagi warga untuk berekreasi.

Selain memiliki keindahan alam yang memanjakan mata, pengunjung juga akan disuguhi dengan air panas alami yang berasal dari dalam bumi.  Uniknya, air panas itu banyak bermunculan di pinggiran sungai. Kondisi inilah yang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat itu.

Selain air panas alami, Taman Wisata Alam Keakea juga memiliki sumur yang diperkirakan sudah ratusan tahun. Oleh warga sekitar, sumur itu disebut Sumur Jodoh atau Sumur Bidadari. Konon, pengunjung yang menyambangi sumur dan mencuci wajahnya dari air sumur tersebut akan cepat mendapatkan pasangan hidup.

Wisata Alam Keakea sendiri berada di Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Jika dari pusat kota, pengunjung bisa menempuh waktu sekira 30 menit hingga 40 menit untuk sampai ke lokasi ini menggunakan sepeda motor atau mobil.

Sebelum tiba ke lokasi permandian, Anda  akan menempuh jalur menanjak dan sedikit ekstrem. Namun tenang saja, perjalanan Anda dipastikan tidak akan sia-sia karena di sisi kiri dan kanan jalan, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan jejeran pohon cengkih milik penduduk. Pengunjung juga akan bisa melihat perairan Teluk Bone dari atas bukit.  Setelah menyusuri jalan menanjak, pengunjung akan memasuki pos yang dijaga oleh petugas. Di sini warga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per kepala.

Taman Wisata Alam Keakea sendiri masuk dalam kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Mangolo. Karena masuk dalam wilayah konservasi, daerahnya begitu terjaga. Pohon-pohon besar tampak menjulang. Suara burung terdengar berkicau.  Belum lagi gemercik air sungai siap menyambut para pengunjung.

Warga Kelurahan Laloeha Kecamatan Kolaka, Tri Astuti mengaku takjub dengan pemandangan alam Taman Wisata Alam Keakea. “Lokasinya bagus sekali dan air sungainya juga dingin dan jernih. Cocok sekali untuk berekreasi bersama keluarga di tempat ini,” jelasnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Selain bisa menikmati air sungai yang jernih, pengunjung juga bisa melihat batu alam yang membentang di sepanjang aliran sungai.  Bahkan, tidak sedikit warga yang berswafoto di atas batu alam tersebut sambil menikmati sensasi air sungai yang dingin.

Wisata Alam Keakea juga memiliki air terjun yang siap memanjakan para pengunjung. Bagi yang hobi berada di ketinggian, petugas menyiapkan sarana flying fox. Jika tertarik dan bersedia mengeluarkan biaya, Anda akan diarahkan untuk memainkan wahana tersebut.

Taman Wisata Alam Keakea biasanya ramai dikujungi wisatawan pada akhir pekan. Pengunjung yang lupa membawa bekal makanan ke tempat ini tak perlu risau. Sebab  petugas  menyiapkan kantin  untuk melayani kebutuhan para pengunjung.

Lokasi wisata ini mendapat perhatian pada masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Ahmad Safei-Muh Jayadin. Di masa kepemimpinan mereka, Pemerintah Kabupaten Kolaka terus melakukan penataan  dengan menyiapkan jalan setapak, gazebo, kamar mandi dan fasilitas lain agar pengunjung merasa nyaman.

Pemerintah setempat  juga kerap membuat acara di Taman Wisata Alam Keakea demi mempromosikan lokasi wisata itu ke masyarakat.

Tidak hanya pemerintah, lokasi ini juga kerap dimanfaatkan komunitas  pecinta alam untuk berkemah. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati Taman Wisata Alam Keakea, bisa juga mengajak keluarga ke lokasi ini. Selamat berpetualang. (Dadang)










Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button