DaerahEkspos Info

Kemenag Kolaka Akan Pantau Hilal di Watubangga

Ekspospedia- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatulhilal  untuk  menentukan 1 Ramadan 1443 H pada Jumat (1/4/2022).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan  di Kelurahan Wolulu Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka.  Lokasi ini menjadi satu-satunya titik rukyatulhilal di Sultra.

Kepala Kantor Kemenag Kolaka H.Baharuddin melalui Kasi Urais H.Agus Ramadhan mengatakan, berdasarkan  petunjuk Kanwil Kemenag Sultra, pemerintah akan mendampingi proses penetapan 1 Ramadan 1443 H pada 1 April 2022.

Menurutnya kegiatan rukyatulhilal akan dihadiri oleh berbagai elemen mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), organisasi masyarakat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten

“Pihak Kanwil  Kemenag Sultra sendiri akan membawa dua teropong untuk melihat (hilal) dan hasil pemantauannya nanti akan dilaporkan ke  Kemenag RI. Pemantauan hilal ini merupakan kegiatan Kemenag Sultra,” tutur Agus saat ditemui di Kolaka, Rabu (30/3/2022).

Agus menjelaskan karena  kondisi saat ini masih pandemi Covid- 19, maka peserta yang akan melakukan pemantauan hilal dibatasi.

“Kegiatan akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan  dan pemantauan hilal akan dimulai pukul 16.00 Wita sampai 18.30 Wita,” tambahnya. (**)

Wartawan : Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button