EkonomiEkspos Info

Antisipasi Penyakit Brucellosis Sapi, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka Siapkan 1.750 Dosis Vaksin

Ekspospedia- Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka hingga saat ini belum mendeteksi penyakit brucellosis yang menjangkiti sapi para peternak di daerah ini. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut, instansi itu melakukan vaksinasi kepada hewan ternak di beberapa kecamatan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka, drh. Kasmawati, mengungkapkan meski belum ditemukan penyakit berbahaya itu menjangkiti sapi peternak, namun pihaknya senantiasa tetap waspada.

“Karena penyakit ini berbahaya dan bisa menyebabkan keguguran pada ternak sapi. Jika itu terjadi, peternak tentu akan mengalami kerugian,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya menyiapkan 1.750 dosis vaksin brucellosis. Nantinya, petugas peternakan yang ada di kecamatan akan melakukan pendataan jumlah ternak sapi.

“Setelah itu vaksinasi akan dilakukan. Untuk kecamatan yang sudah dilaksanakan vaksin brucellosis yaitu Kecamatan Watubangga dan Polinggona, selanjutnya Kecamatan Toari, Tanggetada dan Samaturu,” tambahnya.

Penyakit brucellosis merupakan penyakit menular yang menyerang sistem reproduksi yang disebabkan oleh bakteri genus brucella. Penyakit ini termasuk kategori penyakit zoonosis, dimana dapat menular.

“Usaha pencegahan untuk mengurangi penularan ke ternak yang sehat dengan cara tindakan vaksinasi dan sanitasi, serta tata laksana dalam pemeliharaan. Saat ini belum ada pengobatan yang secara efektif dapat menyembuhkan brucellosis. Apabila sudah kronis dibutuhkan waktu yang lama pengobatannya dengan obat atau vaksin dengan dengan dosis yang besar,” tutup drh. Kasmawati. (***)

Wartawan: Dadang



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button