Ekspos Info

Dinkes Kolaka Gelar Pelatihan Pengambilan Sampel Covid-19 kepada Pasien

Ekspospedia- Dinas Kesehatan Kolaka menggelar pelatihan pengambilan sampel Covid-19 yang melibatkan petugas  laboratorium Puskesmas se-Kabupaten Kolaka. Dalam kegiatan ini, setiap puskesmas hanya mengirim satu orang petugas untuk dilatih.

Pelatihan yang digelar di Dinas Kesehatan Kolaka, Rabu (16/2/2022) itu dibuka Kepala Dinas Kesehatan Drs. Harun Masirri.

Harun mengatakan kegiatan ini untuk menyegarkan kembali pengetahuan petugas laboratorium Puskesmas dalam pengambilan sampel Covid-19. Menurutnya peran petugas laboratorium amat penting  dalam penanggulangan Covid-19 karena mereka bertemu langsung dengan warga yang  terindikasi terpapar Covid-19.

“Jadi kegiatan ini hanya menyegarkan kembali pengetahuan mereka agar para tenaga kesehatan bisa lebih hati-hati pada saat mengambil sampel pasien Covid-19,” ujarnya.

Menurut Harun dengan adanya pelatihan ini, maka ke depan  tidak ada  lagi pasien yang datang ke RS Benyamin Guluh untuk diambil sampel, tetapi cukup hanya ke puskesmas.

“Ini kan hanya sampel saja yang diperiksa. Jadi akan lebih efektif (kalau warga ke puskesmas) dibandingkan jika warga  langsung datang melakukan tes swab di RSBG Kolaka,” tambahnya.

Ia berharap para tenaga medis yang melakukan pemeriksaan agar tetap mematuhi standar prosedur pengambilan sampel  seperti memakai pelindung badan, masker dan perlengkapan medis lainnya.

“Hal ini penting dilakukan supaya tidak ada lagi tenaga medis Kolaka yang terpapar Covid-19,” tambahnya.

Pelatihan pengambilan sampel Pemeriksaan PCR Covid-19 yang melibatkan petugas laboratorium Puskesmas se-Kabupaten Kolaka dan Labkesda. Dalam kegiatan ini, dr. Besse Rosmiati, M.Kes, Sp.PK hadir sebagai narasumber ahli dari RSBG Kolaka.

Wartawan : Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button