Ekspos Info

LSM Lider Pertanyakan Status RSBG Kolaka

Ekspospedia- Pemindahan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) ke lokasi baru di Jalan Bypass Kolaka-Pomalaa Kelurahan Tahoa Kecamatan Kolaka  menuai pertanyaan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lider Kolaka.

Berdasarkan data, yang tercatat di Kementerian Kesehatan RI adalah RSBG.  Sementara yang akan diresmikan pada 28 Februari 2022 adalah Rumah Sakit SMS Berjaya.

Ketua LSM Lider Kolaka Herman mengatakan sangat keliru jika RSBG diubah nama menjadi RS SMS Berjaya. Sebab perubahan nama rumah sakit itu tidak mudah.

“Keliru sekali kalau pemerintah daerah menggunakan nama SMS Berjaya karna semua aset-asetnya dari RSBG dan yang tercatat di kementerian adalah RSBG Kolaka, bukan RS SMS Berjaya. Aset RSBG itu nilainya miliaran rupiah,” tutur Herman.

Menurutnya  jika memang akan menggunakan nama RS SMS Berjaya harusnya tidak menggunakan aset dari RSBG Kolaka. Sebab jika dibiarkan maka  berpotensi menjadi temuan.

“Saya hanya mengingatkan saja, jangan sampai timbul masalah hukum di situ. Apalagi semua aset saat ini telah dipindahkan dan RS SMS Berjaya akan beroperasi. Lantas dimana saat ini RSBG Kolaka?,” tanya  Herman.

Sementara itu Direktur RSBG,  Kolaka dr. Muh Rafi mengatakan rumah sakit yang pindah itu masih bernama RSBG  Kolaka, aset yang dipindahkan juga milik RSBG Kolaka.

“Jadi masih namanya RSBG, bukan RS SMS Berjaya, bahkan yang terdaftar di Kementerian Kesehatan juga RSBG,” tutur Rafi.

“Masalah izin operasional penempatan lokasi baru RSBG sudah ada dari Kementerian Kesehatan.Jadi sekali lagi namanya bukan RS SMS Berjaya tapi RSBG Kolaka,” tambahnya. (***)

Wartawan : Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button