EkonomiEkspos Info

Dinkes Kolaka Sidak di Distributor dan Tempat Perbelanjaan 

Ekspospedia- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka melakukan inspeksi mendadak (sidak)  ke beberapa distributor untuk mengecek produk makanan dan minuman kemasan jelang lebaran Idulfitri 1443 H,  Jumat  (22/4/2022).

Kegiatan itu dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri didampingi Sekretaris Dinkes Kabupaten Kolaka, Hj. Asmaria Ibrahim, kepala bidang dan sejumlah staf Dinkes Kolaka.

Harun menjelaskan dari hasil  sidak,   sejumlah toko dan ritel sudah mulai menaati aturan perlindungan konsumen dan Undang-Undang Kesehatan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Meski kenyataannya  kami masih temukan beberapa produk makanan atau minuman yang rusak kemasan karena mungkin penyimpanannya kurang bagus. Akibatnya kami langsung mengingatkan  mereka (pemilik toko),” terangnya.

Menurutnya kegiatan sidak seperti ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka melindungi konsumen dari produk yang tidak memenuhi syarat.

“Kami berkomitmen melindungi konsumen dari produk yang tidak memenuhi syarat, baik itu kedaluwarsa, rusak dan  produk yang  tidak terdaftar,” ungkapnya. Harun mengingatkan kepada masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan memeriksa kemasan makanan, tanggal kedaluwarsa dan ijin edar.

“Jika ada kejangalan bisa melaporkan ke toko yang menjualnya. Kesimpulan pada sidak 2022 ini para pengusaha sudah mengikuti aturan, semoga setiap tahun selalu mengalami peningkatan,” tambahnya.

Sementara itu, Manager TOP Swalayan Kolaka Haryanto mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kolaka.

“Dengan kegiatan sidak itu membuat kita merasa terawasi, sehingga karyawan toko bisa lebih maksimal melakukan pemeriksaan pajangan produk, mulai dari kondisi kemasan, dan tata letak produk. Kami terbuka untuk kegiatan seperti ini.  Karena selain Dinas Kesehatan, BPOM juga sering berkunjung di TOP Swalayan. Kami juga rutin  melakukan pemeriksaan produk,” tuturnya. (**)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button