Ekspos Info

Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Kolaka

Ekspospedia- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka mengimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit hepatitis akut misterius yang tengah merebak di berbagai negara. Sejauh ini tenaga kesehatan  di Kolaka belum menemukan kasus pasien yang terkena hepatitis akut.

Kepala Dinkes Kolaka Drs. Harun Masirri  mengatakan hepatitis merupakan infeksi pada organ hati. Pihaknya telah mengimbau kepada seluruh puskesmas dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta melakukan upaya pencegahan.

“Terkait hepatitis akut misterius, di Kolaka sampai saat ini belum ada laporan dari fasilitas kesehatan,” tutur Harun, Jumat (13/5/2022)

Agar tidak terjangkit penyakit tersebut maka tindakan pencegahan harus dilakukan di antaranya memastikan makanan dalam keadaaan matang dan bersih, tidak memakai alat makan bersamaan, dan mencuci tangan. Selain itu diimbau agar menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit.

“Untuk mengantisipasi kejadian ini maka diimbau ke fasilitas kesehatan apabila ditemukan ada gejala agar segera ditangani dengan cepat sesuai tata laksana penanganan penyakit tersebut,” tambah Harun.

Mengingat penyakit ini disebabkan oleh virus maka ia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan, tidak berganti alat makan/minum, mencuci tangan serta berolahraga rutin dan makan makanan bergizi.

“Kalau masyarakat memgalami gejala yang mirip dengan gejala hepatitis akut segera ke faskes untuk memeriksakan kesehatan,” tutupnya. (***)

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button