Ekspos Info

40 Petugas Akan Periksa Hewan Kurban di Kolaka

Ekspospedia- Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban menjelang hari raya Iduladha 1443 H.

Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolaka Hasbir Jaya Razak melalui Kepala Bidang Peternakan drh. Kasmawati mengatakan, ada syarat ketentuan bagi hewan yang akan dikurban. “Harus dalam keadaan sehat dan cukup umur. Itu akan diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan,” ujarnya, Kamis (7/7/2022).

Perempuan berhijab ini mengaku telah membuat surat keputusan yang disetujui oleh kepala dinas yang isinya akan menyebar sebanyak 40 petugas kesehatan hewan.

“Ada 40 petugas pemeriksa kesehatan hewan, yang akan disebar ke semua kecamatan yang ada di Kolaka,” tutur Kasmawati.

Mengenai Penyakit Kuku dan Mulut(PMK) yang lagi ramai dibahas, Kasmawati menegaskan bahwa di Kolaka belum ada penyakit tersebut berdasarkan pemantauan terbaru.

“Semoga penyakit ini tidak menjangkiti hewan ternak yang ada di Kolaka,” katanya.

Untuk sapi yang sehat, kata dia, tanda fisiknya memiliki nafsu makan yang baik, aktif bergerak, rambut atau bulu tidak rontok, tidak keluar cairan berlebihan dri lubang anus, hidung, telinga dan mulut.

“Kami dari Dinas Perkebunan dan Peternakan siap membantu melakukan pemeriksaan hewan, silakan hubungi petugas peternakan yang ada di kecamatan,” tambahnya. (***)

Wartawan : Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button