Ekspos Info

Empat Rumah Warga di Kolakaasi Diterjang Angin Puting Beliung

Ekspospedia – Sebanyak empat rumah warga di Kelurahan Kolakaasi Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka diterjang angin puting beliung, Senin (29/8/2022) sore. Keempat rumah tersebut merupakan milik Muhammad Tahir (65), Asriadi (31), Sulo (75), dan Hamza (52).

Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka, Aipda Riswandi membenarkan kejadian ini.

Berdasarkan keterangan saksi Asriadi, pada pukul 14.15 wita, dia sedang menonton televisi di dalam rumahnya. Selang beberapa menit kemudian, hujan deras turun disertai angin kencang.

Pada pukul 14.30 wita, Asriadi melihat atap rumah miliknya terbang terbawa angin dan selanjutnya ia berlari keluar rumah bersama tetangga untuk menyelamatkan diri.

Pada pukul 15.10 wita, angin puting beliung tersebut hilang disusul hujan yang telah reda.

Pukul 15.20 wita, personel SPK Polres Kolaka beserta personel SPK Polsek Kolaka yang dipimpin oleh Kepala SPK Polres Kolaka Ipda Haeruddin tiba di tempat kejadian dan langsung melakukan evakuasi terhadap barang – barang warga yang rumahnya terkena dampak dari angin puting beliung. Mereka juga melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan serta memberikan imbauan kepada warga agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem di sekitar wilayah tempat tinggal.

Pada pukul 16.20 wita, tim evakuasi dari Satuan Samapta Polres Kolaka yang dipimpin langsung Kasat Samapta Polres Kolaka La Ode Amin Saleh tiba di lokasi kejadian dan melakukan evakuasi serta membantu warga untuk membersihkan sisa – sisa kerusakan yang diakibatkan oleh angin puting beliung.

Aipda Riswandi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, jumlah kerugian yang dialami warga akibat bencana ini ditaksir mencapai Rp 100 juta. (***)

Wartawan : Dadang Firmanto



















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button