Ekspos Info

Mahasiswa FISIP USN Gelar Kegiatan PKM 

Ekspospedia – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik FISIP Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa penguatan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa dan sosialisasi pemilihan sampah rumah tangga di Desa Tambea Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka.

KKN Tematik merupakan suatu media yang efektif dan edukatif dengan proses menerjunkan mahasiswa ke tengah-tengah masyarakat untuk menangkap dan menghayati denyut nadi kehidupan masyarakat. Selain itu juga mahasiswa mampu menangkap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, sumber daya yang akan dikembangkan dan aspirasi serta harapan yang diimpi-impikan masyarakat. Dalam proses kegiatan inilah akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, saling asih dan asuh antar mahasiswa dan mahasiswa serta dengan masyarakat.

KKN Tematik ini juga bagian dari tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiganya menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Ketiga hal tersebut juga menjadi tanggung jawab semua elemen yang terdapat di perguruan tinggi mulai dari mahasiswa, dosen, serta berbagai sivitas akademika yang ada dalam suatu perguruan tinggi.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Tambea ini mengangkat tema “Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa dan Sosialisasi Pemilhan Sampah Rumah Tangga” .

Kegiatan ini sendiri dibuka Kepala Desa Tambea, Muslipang Nawir dan dihadiri oleh dosen pembimbing KKN, aparat desa, masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas dan pihak perusahaan dari PT Geomin dan SSB yang juga mendukung kegiatan mahasiswa KKN.

Kepala Desa Tambea, Muslipang Nawir mengatakan, program sosialisasi mengenai pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan mahasiswa KKN FISIP USN ini sangat baik dan membantu masyarakat tentang pengelolaan sampah dan pemanfaatan sampah menjadi nilai ekonomis.

Dosen Pembimbing KKN Tematik, Murni Ratnasari Alauddin,S.Sos.,M.Si mengatakan program PKM ini merupakan hasil observasi mahasiswa KKN Tematik setelah melakukan pengamatan di lapangan dan melihat kondisi lokasi KKN yang terdapat masalah terutama masalah sampah dan penguatan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Maka dari itu, mahasiswa KKN Tematik menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan menghadirkan narasumber dosen FISIP USN. (***)

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button