EkonomiEkspos Info

BPJamsostek Kolaka Sosialisasikan Program Jaminan Sosial di Kantor PDAM Koltim

Ekspospedia- Demi meningkatkan pemahaman mengenai manfaat jaminan sosial, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) mengadakan sosialisasi di Kantor PDAM Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kamis (13/10/2022).Sosialisasi ini dihadiri oleh para pegawai PDAM Kabupaten Koltim.

Kepala BPJamsostek Kolaka Bachtiar Asyhari mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman pekerja dan pemberi kerja tentang manfaat Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi pegawai non ASN.

“Jamsostek pun menyebutkan terdapat lima program perlindungan pekerja, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP),” katanya.

Menurut Bachtiar, program ini adalah program perlindungan terhadap risiko dalam bekerja. Setiap pekerja, katanya, memiliki risiko dalam bekerja, baik di tempat kerja maupun dalam perjalanan ke tempat kerja dan perjalanan pulang kembali ke kediaman masing-masing.

“Negara menjamin rakyat khususnya setiap pekerja dalam menjalankan pekerjaannya menghadapi kemungkinan-kemungkinan risiko agar pekerja merasa aman dan tenang sehingga pekerja dapat bekerja lebih produktif sesuai dengan yang diharapkan,” jelasnya.

Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Wartawan: Dadang

















Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button